Tuesday, April 7, 2015

Resep Pempek Palembang ga pake ribet

Dear readers,

Atas request dari my dear friend, Mas Asep, saya mau share resep bikin pempek yang menurut saya sangat simple dan ga pake ribet. Resep ini bisa banget dilakukan dengan peralatan masak yang terbatas bahkan oleh anak kost nih. Originally, ini resep berasal dari mb Nayo dan resep cukonya warisan almh mommy Susmawati.

Bahan-bahan pempek:

  1. Ikan 800 gram 
  2. Starch / Tepung Tapioca 400 gram 
  3. Garam 2 sendok teh atau sesuai selera yah, klo saya diet garam soalnya
  4. Telor 2 buah (supaya nanti pempeknya kenyal, ga keras)
  5. Tepung terigu 2 sendok makan (supaya nanti pempeknya ga keras)
Cara membuat:

  1. Ikan diblender, airnya sedikit aja, makin banyak air, berarti makin bnyk tapioca yang dibutuhkan dan ini yang bikin pempek nantinya keras dan kurang yummy. 
  2. Setelah ikan halus, campurkan dengan telur, tepung terigu dan garam, aduk hingga rata, lalu perlahan tuang tepung tapioka ke adonan, jika adonan sudah cukup bisa dibentuk, silahkan mulai membentuk pempek sesuai selera. 
  3. Sembari membentuk pempek, rebus air 3/4 panci 2.5 litter. Jika air sudah mendidih, masukkan adonan pempek yang telah dibentuk. Untuk tau apakah pempeknya sudah matang atau tidak, bisa dilihat klo pempeknya sudah mengapung sekitar 5 menit, Angkat dan tiriskan. 
  4. Pempeknya bisa disajikan gitu atau bisa juga digoreng, sesuai selera aja yah. Klo saya sendiri, karena alasan kesehatan lebih suka pempek rebus, tanpa minyak goreng, lebih sehat. Oh ya, pempek biasanya disajikan dengan cuko, berikut resep untuk bikin cuko. 
Bahan-bahan cuko:
  1. Gula aren 1/4 kg 
  2. Air 1.5 liter 
  3. Cabe rawit 15 - 20 batang, sesuai selera
  4. Bawang putih 5 - 7 siung
  5. Garam 1 sendok teh 
  6. Asam jawa / tamarind seukuran jempol orang dewasa
Cara membuat cuko:
  1. Cabe rawit dan bawang putih dihaluskan dengan cara di uleg atau diblender. 
  2. Lelehkan gula aren dalam rebusan air, campurkan garam, dan asam jawa. Didihkan.
  3. Masukkan cabe rawit dan bawang putih yang sudah diblender, ke dalam larutan air gula aren, aduk, dan cicipi, jika sudah sesuai selera, bisa segera diangkat dan proses selesai, as simple as that. 
Ok readers, ini resep pempek dari saya, tentunya ada banyak sekali versi resep pempek. Pempek ini sudah di ujicoba di dapur saya tiga kali, dan it works perfectly. Buat anak kost juga kayaknya viable untuk bikin pempek dengan peralatan minim, saya sendiri pun anak kost soalnya. Hehehe. 
Selamat mencoba dan bekreasi :). 

Pempek hasil kreasi saya :D



4 comments:

  1. Ass wr wb Mba Rini
    Terima kasih sudah memposting resep membuat Pempek Plembang yang memang menjadi salah satu resep kesukaan saya dan istri. Subhanallah Bahan bahan dan cara membuatnya mudah sekali.

    Saya sudah bookmark halaman ini dan sudah mencatat semua resep dan bahan bahan yang diperlukan di sini. Alhamdulillah

    Insya Allah jika ada kesempatan waktu terluang kami akan coba praktekkan resep ini. Terima kasih mba Rini. I really appreciate it.

    Wassalamualaikum Warrahmatullahi
    Wabarokatuh


    Asep Haryono
    Pontianak. Kalimantan Barat
    INDONESIA

    ReplyDelete
  2. My pleasure, mas Asep. Saya seneng klo bisa berbagi ilmu gini hehehe.. ya walau ga seberapa ya, resepnya juga sederhana banget.. :D

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. hai salam kenal dari Hawkes bay, NZ
    mau tanya kalo misal disini gak ada tengiri pake ikan apa ya buat pempeknya biasanya yg availablenya di NZ.
    makasih

    ReplyDelete