Thursday, April 9, 2015

Resep Sushi a la Chef Imoo Rini

Saya tergolong penggemar sushi, suka banget sushi nih. Masalahnya, di kampus saya, sushi cukup mahal, harus nunggu jam di atas jam 3.30 sore baru bisa beli pre-packed sushi yang sudah di diskon. Derita mahasiswa yah. :D Jadi antara penasaran dan pengen ngehemat uang saya nyoba-nyoba bikin sendiri nih sushi setelah google resepnya.

Berikut resep sushi hasil modifikasi saya

Bahan:

  1. Beras khusus sushi, untuk permulaan, coba sedikit aja dulu, 1 cup kecil, airnya kayak masak nasi biasa aja. 
  2. Lembaran nori
  3. Rice vinegar 
  4. Isian sushi: bisa pake telur dadar, sushi grade salmon dan tuna, ayam, courgette, timun, dan wortel. Klo saya, percobaan pertama pake telur dadar, courgette, dan wortel. Percobaan kedua saya pake, salmon, corugette, wortel, dan avocado.
Cara membuat:
  1. Masak nasi terlebih dahulu, biarkan agak dingin, siram nasi dengan rice vinegar sekitar 3 - 4 sendok makan, aduk dengan tangan agar merata, Sebelum mengaduk, pastikan tangan anda bersih dan dibasahi terlebih dahulu agar tidak lengket. Sisihkan, tutup dengan kain lembab atau tisu. 
  2. Siapkan isian yang sudah dipotong ramping (ketebalan 0.5 cm, atau bisa sesuai selera) dan memanjang. 
  3. Siapkan nori di bamboo rolling matt, bagian yang licin ditaruh dibelakang. 
  4. Jejerkan nasi di atas nori, nasinya tidak usah terlalu tebal, yang penting merata, dan menutupi semua bagian nori, kecuali meninggalkan sisa selebar 1 cm dari bagian nori. 
  5. Letakkan isian sushi sesuai selera. Waktu di awal percobaan, saran saya, taruh sedikit dulu isiannya, sebatang irisan courgette, sebatang irisan wortel, dan seiris telur dadar. Nanti kalau sudah mulai nyaman dengan cara gulung sushinya, bisa tambahin isiannya. 
  6. Lalu gulung sushinya. 
  7. Sushinya siap dipotong dengan ketebalan sesuai selera Anda, Saya biasanya potong dua dulu di bagian tengah, lalu baru potong 3 bagian dari tiap potoongan tersebut. 
Tips: 
- Sebelum mengiris sushi, basahi pisaunya agar tidak lengket. 

Perkiraan biaya: 
Sekitar 5 dollar nz untuk 20 potong sushi. Murah banget deh dibanding beli. 


Selamat mencoba.

Sushi dengan telor dadar, wortel, dan courgette




Salmon sushi with avocado dan wortel

6 comments:

  1. Dear Mba Rini. Saya pertama sekali dan terakhir icip icip Sushi kan barengan sama Mba Rini, Mba Dian , Yo , semuanya di JW Marriot di momen MDGs itu. Wahahahahahahahah. Setelah itu sudah tidak ada lagi SUSHI SUSHI lainnya. Wahahahahhaa *Mengharukan

    ReplyDelete
  2. Makasih udah mampir, mas Asep. Terharu nih mas asep masih inget ajah cerita tahun 2010 dulu.. heheh.. Mas, ajak mbak uut bikin sendiri sushinya di rumah, insyaAllah lebih enak daripada yang di JW Marriot, karena dibuat dengan cinta.. heheheh :)

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum mbak rini mohon maaf saya perkenalkan diri dulu saya ramadhani mahasiswa usu 2013 fakultas ilmu komputer dan teknologi informasi. Mbak maaf ini bukan bahas sushi tp saya kagum dgn prestasi mbak bisa lulus luar negeri untuk beasiswa dan kuliah disana. Kalaulah boleh saya boleh mnta email mbak untuk lebih menjelaskan mksd dan tujuan saya. Saya dan teman yg ada di usu memiliki komunitas sahabat beasiswa untuk negeri nah kamu bergerak Dibidang pengabdian ke siswa sma dan masyarakat. Dan kita tahun 2016 januari akan mengadakan event science competition di usu dgn mengikut sertakan 4 provinsi,sumut,riau,padang,dan aceh. Kira nya saya ingin agar mbak bisa menjadi bagian dari acara kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam mas Ramadhani, maap saya baru buka blog lagi. Menarik idenya. Ini email sy ya rini[dot]mayasari2202[et]gmail[dot]com , mungkin bisa dijelaskan via email ya. Makasih. :)

      Delete
  4. Asik nemu juga resep sushinya... buat ah moga2 bisa seenak mangkok ramen di cimahi, thanks min :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, mas. Gimana? Berhasil gak bikinnya? Klo belum sukses, jangan nyerah ya. :)

      Delete