Saturday, July 12, 2014

Tentang Pak Purhendi



Pak Purhendi, guru paling inspiratif di dunia, adalah guru Bahasa Indonesia dan Kesenian-ku di SMA. Awalnya aku tidak begitu mengenal beliau karena memang beliau mengajar kelas III, sementara aku baru duduk di kelas 1.


Beliau baru saja pindah ke sekolah kami dan suka membimbing para kakak kenal untuk lomba. Suatu pagi di apel pagi, beliau memanggil beberapa nama untuk menemui beliau ke perpustakaan. Salah satu nama tersebut adalah “Rini”. Aku kurang pasti apakah “Rini” yang dimaksud adalah aku atau bukan, karena ada empat “Rini” di sekolah kami.


Dengan sedikit memberanikan diri, aku menuju ke perpustakaan. Panggilan ke perpustakaan oleh Pak Purhendi merupakan sebuah kehormatan besar di sekolah kami. Panggilan itu artinya bahwa nama-nama yang dipanggil akan dipersiapkan untuk mengikuti sebuah lomba. Aku pun bergabung dengan rombongan yang dipanggil, rata-rata siswa kelas II dan kelas III. Dan ups, ternyata Rini yang dimaksud adalah Rini Afrita, murid kelas II. Malunya aku! Tapi alhamdulillah, Pak Purhendi menerimaku untuk bergabung dalam rombongan bimbingan. Kelak baru kusadari ini adalah sebuah awalan dari perubahan hidupku.


Singkat cerita, aku tidak menang untuk lomba tersebut, namun kakak kelasku berhasil finalis dan ke Jakarta. Ini juga sebuah hal yang besar bagiku. Berangkat ke Ibu Kota untuk sebuah lomba. Setelah itu pun aku selalu bersemangat untuk mengikuti perlombaan apa pun yang diinformasikan oleh Pak Purhendi, dan tentu dengan bimbingannya juga.


Pak Purhendi adalah seorang guru yang teliti dan sabar dalam membimbing. Berkat bimbingan beliau, aku akhirnya bisa berangkat ke Jakarta sebagai finalis sebuah lomba tingkat nasional dan bahkan menjadi juara II, ketika aku duduk di kelas II.


Sejak itu lah aku makin tekun membaca berbagai buku dan majalah sastra, dan bercita-cita untuk menjadi satrawan. Ya, guruku ini tidak hanya mengajar di sekolah, tapi juga aktif membimbing Klub Sastra di sekolah kami tercinta.


Pak Purhendi sangat berbeda dengan kebanyakan guru di sekolah kami. Jika para guru ditakuti oleh para murid, Pak Purhendi malah disegani dengan kharisma dan passion terhadap pengembangan kemampuan menulis siswa.


Sayangnya, Pak Purhendi pindah ke sekolah lain ketika aku naik ke kelas III. Walau begitu sebisa mungkin aku menghubunginya melalui sms atau pun telepon untuk sekedar berkabar. Waktu pun terus berjalan, hingga aku lulus SMA dan kuliah. Terakhir kali bertemu beliau ketika mewawancarai beliau untuk buletin BEM Fakultas.


Ada satu hal penting yang paling kuingat dari Pak Purhendi. Beliau mengajarkan untuk selalu berjuang dan tidak menyia-nyiakan peluang. Ketika mengikuti lomba, kami diajarkan untuk melakukan sebaik mungkin, untuk mencoba, untuk tidak menyerah sebelum bertanding. Hal ini yang selalu saya ingat dalam hati saya. Hal ini yang terus mendorong saya untuk mencoba tiap peluang beasiswa ke luar negeri. Dua kali saya gagal mendapatkan beasiswa ke Jepang, namun saya bangkit dan berjuang lagi mengejar beasiswa ke Amerika Serikat. Alhamdulillah, saya berhasil meraih peluang ini.


Ketika mendapat kabar gembira bahwa aku lulus beasiswa Global Undergraduate Exchange Program ke Amerika Serikat senang sekali rasanya bisa mengabarkan hal gembira tersebut kepada Pak Purhendi. Sayang sekali tidak sempat bertemu beliau sebelum berangkat ke Amerika.


Sudah bertahun-tahun rasanya tidak bertemu beliau. Namun begitu, saya selalu bisa mengingat senyum khas beliau yang sangat ramah. Saya pun dengan bangga bercerita bahwa saya akan meneruskan perjuangan beliau untuk mengembangkan bakat menulis anak-anak didik saya. Ya, saya ingin seperti Pak Purhendi yang dengan teladan membimbing anak didiknya untuk meraih mimpi mereka.




Blebak, Agustus 2012

8 comments:

  1. Jika saya menaggapi tulisan Rini ini, barangkali orang akan menganggap saya gr (gede rasa). Tetapi Insya Allah, mudah-mudahan jauh dari hal demikian. Sebab, selama sekolah pun, dulu, dari TK sampai perguruan tinggu, saya pun punya guru yang diidolakan, tentu dengan tidak menepikan guru lain. Sebab saya yakin, kami para guru, khususnya di tempat dulu Rini sekolah, pastilah punya kelebihan dan keunikan masing-masing yang dapat diteladani siswanya. Untuk tulisan ini, terima kasih banyak, Rin. Dulu saya hanya bisa memanggil kalian dengan SI KEMBAR (Rini dan Dian), karena belum dapat membedakan kalian. Barulah saya paham, ternyata Rini punya tahu lalat kecil di hidung, ya? Hahaha.
    Saya sadar sekali, sebagai pribadi yang memiliki keluarga, kadang saya harus MEMBELAH rasa. Saya menyadari segala kekurangan individu saya. Maafkanlah bila saya belum dapat menjadi guru yang baik buat anak-anak saya dulu di SMAN 14 Plg, SMA BW Plg, SMAN 3 Kyag, SMA Pusri, Plg, n SMA-SMP Kumbang Plg. Semoga Allah memberkahi kita semua. Juga mohon maaf kepada rekan Bapak-Ibu Guru semua. Tentu saya ingat beberapa hal kurang berkenan dengan apa yang saya perbuat sebagai rekan kerja. Dengan rekan-rekan penulis n seniman di Plg pun tentu saya tidak lupa. Masa lalu, kalau dikenang, ternyata begitu indah? 20 tahunan di Plg, adalah bagian hidup saya yang tidak mungkin dilupakan begitu saja. Semoga kehidupan kita berkah di mana pin, baik untuk diri sendiri dan terutama untuk orang lain. Amiin. Sekali lagi, Rin, juga Dian, terima kasih untuk tulisan ini dan hal lainnya. Sebab, ada sisi kehidupan kalian pun, menjadi GURU bagi saya. Terima kasih, salam kangen selalu.

    ReplyDelete
  2. Look my FB, Rin, tulisanmu kini jadi ajang reuni kecil antara saya n sebagian teman kuliah dulu, jg anak-anak sy yg dulu di SMA lain. Tks vry much.

    ReplyDelete
  3. Pak Pur, makasih komennya. Hehehe.. Iya Pak Pur, Rini ada tahi lalat di hidung. Makasih banyak Pak Pur, keberadaan Pak Pur di sekolah memulai langkah besar dalam hidup Rini dan merupakan salah satu memori terindah selama eksistensi Rini di Gaul.. :)

    ReplyDelete
  4. Ingat MANG RIS (yang mengaku pengamen keliling kampung) yang dulu kita undang nyanyi GEROBAK BURUK ke Gaul? Anak-anak berjingkrak-jingkrak semua. Alhamdulillah, setelah itu Beliau bolak-balik ngisi acara di beberapa radio di Plg isi acara BATANGHARI SEMBILAN. Saya senang lihat Beliau bersemangat. Namun, takdir berkehendak lain, Januari 20012 waktu sy ke Plg, saya dengar kabar Beliau sudah meninggal di rumahnya di OKI. Semoga Allah memberikan tempat Surga yang baik untuk Beliau yang telah banyak menghibur orang meski hanya lewat lagu. Ini saya copykan versi asli n lengkap lagu NOTOK ANDAM yang lebih dikenal masyarakat sebagai GEROBAK BURUK karya MANG RIS.

    Payu oi
    Tubu kepung berupung-rupung
    Payu oi
    Tubu kepung berupung-rupung

    Berupung-rupung, berupung-rupung, berupung-rupung

    Nak nampungke suare
    Suare ketipung perumpung
    Empung ketipung ngetipak tipung
    Bajik laut bajik darat
    Mawe tetawak keliling kampung
    Nak nampungke suare
    Suare ketipung perumpung
    Empung ketipung ngetipak tipung
    Bajik laut bajik darat
    Mawe tetawak keliling kampung

    Nenggung-nenggung, nenggung-nenggung

    Pecak ekak
    Gadis montok cak selontok
    Pecak ekak
    Gadis montok cak selontok

    Becontok-contok, becontok-contok, becontok-contok


    Ditunggu ole bujang
    Bujang kedawang nganar-nganar
    Besewet dak beseluar pokok
    Rokok sebatang dak bepokok
    Tunggal udutan boleh manak
    Ditunggu ole bujang
    Bujang kedawang nganar-nganar
    Besewet dak beseluar pokok
    Rokok sebatang dak bepokok
    Tunggal udutan boleh manak
    Tunggal udutan boleh manak

    Tau dak kamu
    Lentik luan, lentik buri
    Tau dak kamu
    Lentik luan, lentik buri

    Jebasenye bejual ketan, nak beli jengkol
    Pucuk e kencang
    Bawa e landung
    Beso bongkot berat ujung
    Jeriji tangkul ngudik kulu
    Tido suange, jage wang due
    Pucuk e kencang
    Bawa e landung
    Beso bongkot berat ujung
    Jeriji tangkul ngudik kulu
    Tido suange, jage wang due
    Tido suange, jage wang due

    Payu oi
    Kalu nak gancang milu aku
    Payu oi
    Kalu nak gancang milu aku

    Gerobak buruk, sapi gile, balang benjo

    Gerobak buruk
    Sapi e gile
    Balang e benjo
    Mengke turun pegadungan
    Ai, lemak bedarat bae
    Ai, lemak bedarat bae
    Gerobak buruk
    Sapi e gile
    Balang e benjo
    Mengke turun pegadungan
    Ai, lemak bedarat bae
    Ai, lemak bedarat bae

    Payu oi
    Kalu lapo tubu betanak
    Payu oi
    Kalu lapo tubu betanak

    Jage dalu, perut lapo, tubu betanak
    Dang jage dalu
    Perut la lapo
    Beras kak secanting
    Mengke ata kak sekulak
    Ai, lemak la tido bae
    Dang jage dalu
    Perut la lapo
    Beras kak secanting
    Mengke ata kak sekulak
    Ai, lemak la tido bae
    Ai, lemak la tido bae

    Payu oi
    Dengoke pulek pesan wang tue
    Payu oi
    Dengoke pulek pesan wang tue
    Sisip dikit, sembilan bulan, sepulu ari

    Nunduk tegentus
    Nyungak tesantuk
    Luan betanduk, buri bebuntut
    Duduk supak, temegi jujul
    Tekinca milu, tegulai tinggal
    Nunduk tegentus
    Nyungak tesantuk
    Luan betanduk, buri bebuntut
    Duduk supak, temegi jujul
    Tekinca milu, tegulai tinggal
    Tekinca milu, tegulai tinggal

    Payu oi
    Dengoke pulek pesan wang tue
    Payu oi
    Dengoke pulek pesan wang tue

    Coba bepikir, mak mane pulek, model ikak
    Anak banyak murat-maret
    Mengke cerewet tengket mengket
    Dompet kempet, kridit macet
    Utang tecatet celet melet
    Bukan dak pacak tekebo sewet
    Anak banyak murat-maret
    Mengke cerewet tengket mengket
    Dompet kempet, kridit macet
    Utang tecatet celet melet
    Bukan dak pacak tekebo sewet
    Bukan dak pacak tekebo sewet

    Tuju belas
    Nonton bidar di Serijabo
    Tuju belas
    Nonton bidar di Serijabo
    Bujang kedawang, nonton bidar nahanke lapo

    Bujang kedawang tebal bibo
    Numpang nangkul di Serijabo
    Makai telesan, dak pulek libo
    Mengke dang ngangkat, sewet tekebo
    Laju tetangkap nga kalang dumbo
    Bujang kedawang tebal bibo
    Numpang nangkul di Serijabo
    Makai telesan, dak pulek libo
    Mengke dang ngangkat, sewet tekebo
    Laju tetangkap nga kalang dumbo
    Laju tetangkap nga kalang dumbo

    ReplyDelete
  5. Sama-sama, Rin, O ya, ingat MANG RIS (yg mengaku pengamen keliling kampung) yg dulu kita undang ke Gaul utk nyanyi BATANGHARI SEMBILAN? Kita semua ikut semangat berdendang. Berikutnya, alhamdulillah Beliau jg bersemangat bolak-balik ke Plg, ngisi acara BATANGHARI SEMBILAN di beberapa radio. Sy jg sempat mendampinginya. Namun takdir memang punya cerita, Januari 2012 sy dengar Beliau wafat di rumahnya di OKI. Semoga Allah memberinya Surga yang baik pada orang yang telah banyak membuat orang lain tersenyum dan tertawa ini lewat lagu-lagunya. Berikut saya copykan lagu NOTOK ANDAM versi asli dan lengkap yang lebih dikenal sebagai GEROBAK BURUK karya Beliau. (Insya Allah saya muat juga dalam novel saya THE AMBASADOR (SANG DUTA). Ssst, ambasador versi kita lho...


    Payu oi
    Tubu kepung berupung-rupung
    Payu oi
    Tubu kepung berupung-rupung

    Berupung-rupung, berupung-rupung, berupung-rupung

    Nak nampungke suare
    Suare ketipung perumpung
    Empung ketipung ngetipak tipung
    Bajik laut bajik darat
    Mawe tetawak keliling kampung
    Nak nampungke suare
    Suare ketipung perumpung
    Empung ketipung ngetipak tipung
    Bajik laut bajik darat
    Mawe tetawak keliling kampung

    Nenggung-nenggung, nenggung-nenggung

    Pecak ekak
    Gadis montok cak selontok
    Pecak ekak
    Gadis montok cak selontok

    Becontok-contok, becontok-contok, becontok-contok


    Ditunggu ole bujang
    Bujang kedawang nganar-nganar
    Besewet dak beseluar pokok
    Rokok sebatang dak bepokok
    Tunggal udutan boleh manak
    Ditunggu ole bujang
    Bujang kedawang nganar-nganar
    Besewet dak beseluar pokok
    Rokok sebatang dak bepokok
    Tunggal udutan boleh manak
    Tunggal udutan boleh manak

    Tau dak kamu
    Lentik luan, lentik buri
    Tau dak kamu
    Lentik luan, lentik buri

    Jebasenye bejual ketan, nak beli jengkol
    Pucuk e kencang
    Bawa e landung
    Beso bongkot berat ujung
    Jeriji tangkul ngudik kulu
    Tido suange, jage wang due
    Pucuk e kencang
    Bawa e landung
    Beso bongkot berat ujung
    Jeriji tangkul ngudik kulu
    Tido suange, jage wang due
    Tido suange, jage wang due

    Payu oi
    Kalu nak gancang milu aku
    Payu oi
    Kalu nak gancang milu aku

    Gerobak buruk, sapi gile, balang benjo

    Gerobak buruk
    Sapi e gile
    Balang e benjo
    Mengke turun pegadungan
    Ai, lemak bedarat bae
    Ai, lemak bedarat bae
    Gerobak buruk
    Sapi e gile
    Balang e benjo
    Mengke turun pegadungan
    Ai, lemak bedarat bae
    Ai, lemak bedarat bae

    Payu oi
    Kalu lapo tubu betanak
    Payu oi
    Kalu lapo tubu betanak

    Jage dalu, perut lapo, tubu betanak
    Dang jage dalu
    Perut la lapo
    Beras kak secanting
    Mengke ata kak sekulak
    Ai, lemak la tido bae
    Dang jage dalu
    Perut la lapo
    Beras kak secanting
    Mengke ata kak sekulak
    Ai, lemak la tido bae
    Ai, lemak la tido bae

    Payu oi
    Dengoke pulek pesan wang tue
    Payu oi
    Dengoke pulek pesan wang tue
    Sisip dikit, sembilan bulan, sepulu ari

    Nunduk tegentus
    Nyungak tesantuk
    Luan betanduk, buri bebuntut
    Duduk supak, temegi jujul
    Tekinca milu, tegulai tinggal
    Nunduk tegentus
    Nyungak tesantuk
    Luan betanduk, buri bebuntut
    Duduk supak, temegi jujul
    Tekinca milu, tegulai tinggal
    Tekinca milu, tegulai tinggal

    Payu oi
    Dengoke pulek pesan wang tue
    Payu oi
    Dengoke pulek pesan wang tue

    Coba bepikir, mak mane pulek, model ikak
    Anak banyak murat-maret
    Mengke cerewet tengket mengket
    Dompet kempet, kridit macet
    Utang tecatet celet melet
    Bukan dak pacak tekebo sewet
    Anak banyak murat-maret
    Mengke cerewet tengket mengket
    Dompet kempet, kridit macet
    Utang tecatet celet melet
    Bukan dak pacak tekebo sewet
    Bukan dak pacak tekebo sewet

    Tuju belas
    Nonton bidar di Serijabo
    Tuju belas
    Nonton bidar di Serijabo
    Bujang kedawang, nonton bidar nahanke lapo

    Bujang kedawang tebal bibo
    Numpang nangkul di Serijabo
    Makai telesan, dak pulek libo
    Mengke dang ngangkat, sewet tekebo
    Laju tetangkap nga kalang dumbo
    Bujang kedawang tebal bibo
    Numpang nangkul di Serijabo
    Makai telesan, dak pulek libo
    Mengke dang ngangkat, sewet tekebo
    Laju tetangkap nga kalang dumbo
    Laju tetangkap nga kalang dumbo

    ReplyDelete
  6. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, amiiin semoga amal-nya jadi penyelamat beliau ketika nanti di Yaumul Hisab.. Makasih share syair-nya Pak Pur.. Wah kapan novelnya terbit? Rini wajib baca nih... harus masuk reading priority list.. heheheheh..

    ReplyDelete
  7. Sori di atas terketik 2x saat hank, ternyata masuk jg. Saya butuh waktu khusus untuk finishing novel. Entah kapan. doakan sj. Saya berharap, jika nanti perlu translate, Dikaulah yg akan dikabari.

    ReplyDelete
  8. Rini, Purhendi, apo kabar? Selamat berkarya selalu sukses... aamiin.

    ReplyDelete